Langsung ke konten utama

Pengakuan dan Pengukuran Berdasarkan Jenis Basis Akuntansi



Pengakuan dan Pengukuran Berdasarkan Jenis Basis Akuntansi

Suatu pemerintah daerah memiliki realisasi pendapatan sebesar 100 juta dan belanja sebesar 80 juta. Dari belanja tersebut, 60 juta sebagai belanja operasional dan 20 juta sebagai belanja modal. Berikan contoh yang jelas, bagaimana pengakuan dan pengukuran transaksi tersebut apabila menggunakan:
1.      Basis Kas
Basis kas ini mengakui transaksi dan kejadian pada saat kas diterima atau dibayarkan. Pengukurannya adalah pada saldo kas dan perubahan saldo kas, yaitu mengukur hasil-hasil keuangan untuk satu periode dengan membedakan antara kas yang diterima dan kas yang dikeluarkan. Misalnya pemerintah daerah sukabumi menerima pembayaran kas dari hasil pajak deerah sebesar 100 juta yang berarti hal ini menunjukan bahwa kas daerah sukabumi bertambah dan mencatatnya karena menerima kas dari pendapatan tersebut.
2.      Basis Modifikasi Kas
Basis kas modifikasi ini sama halnya dengan basis kas namun yang membedakannya adalah pada basis modifikasi kas masih dibuka pembukuan untuk mengakui suatu jumlah yang diterima dan dibayar selama periode perpanjangan tertentu. Maksudnya apabila penerimaan atau pengeluaran kas yang terjadi selama periode tertentu tetapi diakibatkan oleh periode pelaporan sebelumnya akan diakui sebagai penerimaan atau pengeluaran atas perode pelaporan yang lalu (periode sebelumnya). Arus kas pada awal periode pelaporan yang diperhitungkan dalam periode pelaporan berjalan. Misalnya dari pendapatan sebesar 100 juta ternyata ada 10 juta yang ternyata didapatkan dari piutang periode pelaporan sebelumnya, maka harus diperhitungkan dalam periode pelaporan berjalan.
3.      Basis Modifikasi Akrual
Modifikasi akrual ini mengakui transaksi dan peristiwa pada saat transaksi atau peristiwa terjadi, dan bukan pada saat kas diterima atau dibayarkan. Perbedaan utama dasar akrual adalah mengenai aset fisik dibiayakan (expensed) pada waktu pembelian atau berdasarkan nilai historis,  dan seluruh aset dan kewajiban lainnya diakui seperti dasar akrual.
4.      Basis Akrual
mengakui transaksi dan peristiwa pada saat transaksi atau peristiwa terjadi, dan bukan saat kas diterima atau dibayarkan. Elemen dasar akrual adalah aset, kewajiban, laba bersih, pendapatan dan biaya. Pengukuran akuntansi akrual berfokus pada pengukuran sumber daya ekonomis dan perubahan sumber daya tersebut pada suatu entitas. Misalnya untuk belanja operasional pemerintah daerah sukabumi sebesar 20 juta dapat diakui sebagai traansaksi yang menggunakan basis akrual dan akan mempengaruhi laporan operasional pemerintah daerah sukabumi.
5.      Basis Cash Toward Accrual yang berlaku di Indonesia.
Basis ini merupakan kombinasi dari dua basis yaitu basis kas dan basis akrual , basis cash toward accrual ini mengakui pendapatan dan belanja pada saat dikeluarkan kas; serta mengakui aset, kewajiban dan ekuitas dana dengan dasar akrual (pada saat terjadinya peristiwa atau transaksi). Basis ini sangat cocok untuk Indonesia yang memang sedang mengalami transisi basis kas  menuju basis akrual.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Perbedaan Laporan Keuangan Pemerintahan dan Swasta

BAB I PENDAHULUAN A.       Latar Belakang Laporan Keuangan merupakan hal yang sensitive dalam suatu organisasi, maupun di organisasi pemerintah atau pun organisasi publik. Dalam kedua sektor organisasi ini pun memiliki tujuan yang berbeda dalam pelaporan keuangannya, misalnya untuk pemerintahan karena fokusnya yang tidak mencari laba tentu pelaporan keuangannya tersebut adalah sebagai bentuk pertanggungjawaban kepada masyarakat menurut Renyowijoyo (2008). Berbeda dengan sektor swasta yang berfokus untuk mencari untung atau laba , maka laporan keuangannya pun akan bertujuan untuk menarik minat investor misalnya agar mau berinvestasi diperusahaannya. Walaupun memiliki tujuan yang berbeda, kedua sector ini tentunya tetap harus bertanggungjawab dengan pelaporan keuangan yang disampaikan atas kegiatan yang sudah dilakukan. bentuk pertanggungjawaban yang dilakukan ini adalah mengenai adanya pelaporan keuangan kepada pihak yang berkepentingan dalam organisasi tersebut. Denga

PERSAMAAN DASAR AKUNTANSI PEMERINTAHAN

Soal-soal Persamaan Dasar Akuntansi Pemerintah Soal 1 Pemerintah Kabupaten A akan dimekarkan menjadi Kabupaten B dan C mulai Januari tahun 2004. Untuk pemekaran tersebut, maka diidentifikasi aset-aset Kabupaten A semuanya menjadi milik dari Kabupaten B. Kabupaten C tidak mendapat aset apapun dari proses pemekaran itu. Untuk menunjang pelayanan masyarakat di Kabupaten C, maka pada tahun tersebut Kabupaten C mendapat dana transfer dari pemerintah berupa Dana Alokasi Umum (DAU) sebesar Rp 400 miliar. Anggaran pertama ditetapkan oleh pemerintah pusat. Berikut ini adalah APBD dan realisasi APBD Kabupaten C untuk tahun 2004:       (dalam milyaran rupiah) Pos APBD APBD Realisasi APBD Pendapatan Pajak Daerah Retribusi Daerah PAD lainnya DAU Rp    10            5            2       400 Rp    10            5            5        400 Total Pendapatan Asli Daerah (PAD) 417